Skip to main content

Masih Ada Waktu

Alhamdulillah, setelah berhenti karena pandemi, bersama keluarga besar ponpes Matiq Daarut Taqwa kemaren kami masih ada waktu bisa mengadakan acara Khotmil Qur'an 30 Juz. Saya ini seringkali merasa "sibuk", berkomunikasi dengan membaca kalam Tuhan saja harus menyempatkan waktu. Urusan beshodaqoh akherat untuk bekal sendiri pun dengan harta yang disisihkan, betapa pelitnya diri ini.

Kita ini hamba Tuhan, seluruh aktifitas, pekerjaaan dan kegiatan kita seharusnya adalah semata untuk mencari keridhoanNYA, pengabdian kepada Allah. Namun yang terjadi seringkali kita mengingkari posisi itu, bukankah kotrak penciptaan kita tertera demikian jelas, " _Dan AKU tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepadaKU"_ (terj. QS adzDzariyat: 56)

Waktu2 kita seringkali habis tanpa nilai dan makna, lebih banyak menyimak disibukkan "chatting2 dan status2" dalam bermedia sosial. Kita lupa ada "pesan-peasan" Tuhan dalam kitab suci dan wasiat2 para Nabi. Kita jarang melihat "status" Allah dalam doa, tilawah, dan peluang berbuat kebaikan.

Urusan2 dunia ini amat sangat banyak, tak akan pernah berkesudahan, apalagi bila menuruti nafsu keinginan bukan kebutuhan. Kita seringkali tak segera menyadari bahwa akan ada waktunya, ajal yang menjemput dan kematian mengistirahatkan semuanya.

Semoga masih ada kesempatan membersamai orang2 sholeh, ahli ibadah dan insan bertaqwa. Sehingga lebih bertambah khusyu' kami, berlipat syukur kami dan berasa kedekatan kami dengan Allah SWT.

Semoga masih ada waktu kami memperbanyak bekal dalam perjalanan panjang menghadap Allah SWT. Kewajiban-kewajiban hamba bisa segera terpenuhi, keikhlasan hati bisa segera mengguyur hati, cahaya hidayah terlimpah dalam langkah2 hidup dan anugerah kesabaran bisa menjadikan kami tegar dan teguh disaat banyak yang jatuh, terlempar dan runtuh karena fitnah Dajjal yang sangat berat.

Masih ada waktu beramal sholeh, karena menunda amal untuk menunggu kesempatan yang lebih luang adalah tanda kebodohan. Waktu terus berjalan, dan cukup jelas bahwa waktu itu tidak dalam kuasa kita. Insya Allah masih ada waktu, iya masih ada waktunya._Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar