Skip to main content

Pemuda?

28 Oktober 1928, ada sumpah pemuda hasil dari putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II. Mereka, pemuda-pemudi berikrar untuk persatuan Indonesia. Bertumpah darah satu, tanah Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Ada pepatah arab

شَبَابُ اْليَوْمِ رِجَالُ اْلغَدِ

_Pemuda hari ini adalah para pemimpin di masa yang akan datang._ Setiap pemuda itu permata bagi negrinya. Harapan tinggi untuk para pemuda agar mereka menjadi sosok generasi yang unggul dan mampu menjadi tokoh dimasa yang akan datang.

AlQur'an menyebuntukan pemuda dalam kata _fatan_ (bentuk tunggal) dan _fityah_ (bentuk jamak). Kita menemukan 4 kisah pemuda (Ibrahim, Ismail, Yusuf dan Ashabul Kahfi) sebagai kaum muda dgn karakter dan kepribadian yang tangguh.

Pemuda Ibrahim adalah teladan zaman, sangat gigih menegakkan tauhid diantara para penggiat pemujaan makhluk, berhala (lihat QS an-Nahl: 120). Ada juga pemuda Ismail, putra Nabi Ibrahim yang menjadi sosok berhati jujur, suci, taat kepada kebenaran, hormat kepada orang tua dan berjiwa sabar (lihat QS as-Shaffat: 102).

Kisah pemuda Yusuf yang berwajah tampan sangat fenomenal. Beliau mampu menundukkan gelombang syahwat sebagai lelaki normal saat dirayu wanita cantik yang juga istri pembesar Mesir. Pemuda yang sangat menjaga kehormatan dan memilih dipenjara daripada berbuat mesum (lihat QS Yusuf: 33).

_Cave of the Seven Sleepers_ merupakan situs bersejarah di Yordania yang jadi saksi atas tujuh pemuda luar biasa bersama anjing mereka, _Ashabul Kahfi._ Memilih berada di gua untuk mempertahankan akidah, mereka diselamatkan Allah dari kezaliman penguasa setempat.

Tujuh pemuda pejuang tauhid itu ditidurkan Allah selama 309 tahun. Mereka diselamatkan Allah SWT dari kediktatoran dan. kezaliman penguasa.

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى

Sungguh mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula petunjuk untuk mereka (QS al-Kahfi: 13).

Kisah-kisah kaum muda itu menembus ruang dan waktu. Meski telah terjadi ribuan tahun yang lalu, tetap relevan untuk dihadirkan masa sekarang.

Pemuda hebat itu bukan sekadar berotak cerdas, bertubuh atletis, namun yang terpenting punya idealisme dan iman. Punya moralitas tinggi, ada keberanian menghadapi tantangan dan rintangan melawan kebatilan. Terus melakukan perubahan dalam kebaikan. Itulah kunci2 keunggulan dan kemuliaan diri kaum muda.

28 Oktober 2021, dimana bisa kita temukan pemuda-pemuda itu?

_Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar