Skip to main content

Ahli Syukur

Dusta, mereka yang berkarier di politik dan bisa menjabat serta memiliki kewenangan luas. Mereka bersumpah atas nama Tuhan Yang Maha Kuasa untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, namun berkhianat, menyimpang dan menyalahgunakan kewenangan untuk kepentingan dan keuntungan sendiri.

Pengingkaran terhadap nikmat Allah. Mereka yang melihat segala sesuatu bernilai negatif, hati tertutup sehingga apa pun dihadapannya tampak sebagai ancaman. Berpikir sempit, serakah atas kucuran karunia dan nikmat dari sisi-NYA.

وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ

“Sangat sedikit sekali di antara hamba-KU yang mau bersyukur.” (QS. Saba’: 13)

Bersyukur adalah cara terbaik menikmati kehidupan. Sikap syukur akan menghadirkan keberlimpahan material, spiritual dan sosial. Ahli syukur itu melihat berapapun yang diterima sebagai nikmat, menghargai, menjaga dan memanfaatkannya dengan baik.

Orang-orang yang mensyukuri nikmat Allah akan bekerja, beraktifitas dan beramal berdasarkan kelapangan dada, kerelaan hati dan kedermawanan tanpa memperhitungkan rugi-laba. Kelapangan jiwa dan keikhlasan ini akan memancarkan keluhuran dlm perilaku sosial mereka. Mereka hidup dlm kebahagiaan, senang berinteraksi dengan pihak mana pun dan siapa pun akan menyambutnya dengan kegembiraan.

Nabi SAW bersabda,

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Siapa yang tidak berterima kasih kepada manusia berarti tidak bersyukur kepada Allah. _Tahadduts binni'mah_ adalah mengabarkan atau mensyiarkan kebaikan-kebaikan yang diterima sebagai perwujudan pengakuan atas karunia-NYA dengan berbagi kepada sesama dan berterima kasih kepada manusia.

Semoga para pemimpin negeri ini dibimbing oleh Allah menjadi hamba yang bersyukur, amanah dan penuh cinta kasih. Bukan mereka yang tamak, serakah dan kejam terhadap mereka yang lemah. Aamiin._Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar