Skip to main content

Berpulang

Waktu dhuha hari ini, kami mendapat kesempatan melaksanakan sholat jenazah di rumah ketua harian takmir Masjid Laweyan. Allah SWT telah mencukupkan jatah waktu bagi Bunda Wiwik Herwarti, _Allah Yarhamah_ dalam usia 60 thn. Seringkali kita mendoakan jenazah, tanpa menyadari bahwa kita pun akan menjadi jenazah.

Kenyataan kehidupan itu tak senantiasa memenuhi harapan kita. Bermasyarakat, kehidupan bernegara sampai urusan berkeluarga sebagai upaya membangun kebersamaan, kedamaian dan kesejahteraan terkadang masih jauh dari impian.

Waktu hidup di dunia demikian singkat. Setiap pergantian hari umur kita bertambah, dan usia sebagai jatah hidup di dunia berkurang. Tak ada diantara kita yang mengetahui berapa lama lagi kesempatannya berada di dunia.

Alhamdulillah, saat ini kita masih ada waktu 'membaca' kuliah dhuha. Bersyukurlah karena Allah masih memberikan kesempatan kita menyaksikan keindahan dunia, menikmati tarikan nafas yang bisa kita hembuskan, dan berbahagia atas setiap detak jantung yang masih berdegup. Insya Allah masih terbuka lapang kesempatan utk berbuat baik, dan menambah pahala di hari ini.

وَٱلْعَصْرِ. إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَفِى خُسْرٍ. إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan serta saling menasihati utk kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran (QS alAshr: 1-3).

Semua yang hidup itu pasti mati. Dunia hanyalah pemberhentian sesaat, hidup yang sebenarnya dimulai setelah kita mati. Akhirat itulah yang hakiki dan abadi.

Kita semua akan kembali kepada Sang Pencipta. Permasalahan utama kita adalah bekal apa yang kita bawa utk menemuiNYA? _Maka apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu main2 (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?_ (terj. QS Al-Mu'minun: 115).

Temuilah Sang Khaliq dengan suka cita kebahagiaan karena kita telah menjalani kehidupan dengan baik, mengikuti perintah dan tuntunanNYA serta tak bermaksiat dan mendurhakaiNYA. Pulanglah kepada Rabbmu dengan rasa tenang karena kita ada bekal 'share' ilmu yang bermanfaat, ibadah yang khusyu', perilaku santun, akhlak mulia dan hati yang bersih dan ikhlas dalam beramal. _Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar