Skip to main content

Kata-Kata Baik

Diantara metode pengajaran alQur'an adalah mengemukakan _matsal/perumpamaan_(jamak: _amtsaal_) dalam hal-hal yang sangat mendasar dan bersifat abstrak. Hal-hal yang mendasar dan abstrak itu diungkapkan melalui perumpamaan yang bersifat konkret supaya makna atas pesan menjadi jelas.

Perumpamaan kata-kata baik, kebenaran, prinsip-prinsip ajaran yang baik dan kalimat tauhid sebagai pohon yang baik:

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ اَصْلُهَا ثَابِتٌ وَّفَرْعُهَا فِى السَّمَاۤءِۙ تُؤْتِيْٓ اُكُلَهَا كُلَّ حِيْنٍ ۢبِاِذْنِ رَبِّهَاۗ ...

Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya (menjulang) ke langit, (pohon) itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dgn seizin Tuhannya...(QS Ibrahim: 24-25)

Pohon kebaikan itu memiliki akar keyakinan yang menghujam dalam jiwa. Akar bagi pohon itu memiliki fungsi utama menghisap air dan unsur hara dalam tanah serta menopang tegak berdirinya pohon. Mereka yang bertauhid senantiasa mengenal, membenarkan, memikirkan dan merenungkan tanda2 kebesaran Allah.

Agama ini mengajarkan kepada kita utk membiasakan diri menggunakan ucapan/ kalimat yang baik dan berfaedah bagi diri dan sesama. Ucapan itu menunjukkan watak, kepribadian, dan adab kesopanan kita. Jauhilah kata-kata jorok, keji dan kotor karena akan menimbulkan rasa jijik bagi yang mendengarkannya.

Kata-kata yang baik, bermakna dan menambah ilmu/ pengetahuan akan sangat bermanfaat bagi yang mendengarkannya. Bagi para orang tua2 kata-kata itu akan menjadi cermin dan ditiru oleh anak2 kita. _Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah dia berkata baik atau diam_ (terj HR. Bukhari Muslim)

Pohon kebenaran "tauhid" akan dapat memghasilkan buah iman dan taqwa. Hadir sosok-sosok pribadi yang membuahkan berbagai manfaat dalam bentuk niat lurus, akhlak mulia, amal sholeh dgn mengikuti bimbinganNYA. Insya Allah, jiwa-jiwa itu menjulang ke langit karena keikhlasan, pengetahuan dan keyakinan atas kebenaran yang dimilikinya._Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar