Skip to main content

Liburan

Ahad itu membersamai keluarga besar hadir di acara pernikahan kemenakan di Purwokerto Banyumas. Acara dilanjuntukan wisata di Kebun Raya Baturraden. Liburan yang terasa 'mewah' semenjak dua tahun ini dlm suasana 'di rumah saja' akibat pandemi covid 19 yang tak jelas kapan berakhirnya.

Kita semua ini manusia yang bisa bosan atas tekanan rutinitas pekerjaan, membenci batasan-batasan, menyukai kenyamanan dan bahagia dgn rekreasi dan kebersamaan di luar rumah. Mencintai liburan itu tak berarti membenci pekerjaan. Kita mencintai hidup sehat dan sejahtera, tak berarti menjadi marah kepada Allah Ta'ala saat penyakit datang, wabah menyerang dan keterpurukan ekonomi tiba.

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

DIAlah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezekiNYA. Dan hanya kepada-NYA-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan (QS alMulk: 15)

Agama menganjurkan kita untuk melihat keindahan hamparan dunia dan mempelajari maknanya. Piknik, berwisata bersama keluarga atau 'teman2' di waktu libur bisa menjadi solusi.

Berlibur dari segala rutinitas, kesibukan, hiruk pikuk, kerumunan, dan keramaian dgn menyaksikan keindahan alam 'ciptaanNYA' sebagai upaya menghayati diri dlm _dzikir_ bersama Allah. Dzikir adalah momentum bagi setiap pihak untuk menghadirkan kesadaran total dan juga masuk pd renungan eksistensi diri, memuji dan memuliakanNYA.

Kita mencintai liburan, sebagaimana kita mencintai harta, kekayaan dan keluarga. Cinta yang tak berujung pada penyembahan. Harta dan kekayaan itu penting, sebab kita benci dihina dan direndahkan karena 'meminta' dan butuh kepada manusia itu pahit rasanya. Berlibur atau refreshing itu penting, karena bisa menghindari terjadinya perasaan tertekan, tegang serta rasa lelah.

Rancang dan agendakan liburan terbaik kita, Insya Allah dgn _refreshing_ dan _safar_ kita mampu merenungi keindahan ciptaanNYA, menikmati indahnya alam 'ayat-ayatNYA' sebagai pendorong jiwa penguat keimanan terhadap kuasa, kebesaran dan keesaan Allah. Berlibur dgn berwisata mampu memacu semangat kita untuk melakukan berbagai aktivitas dan pekerjaan baru. Setuju ?!?!_Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar