Skip to main content

Berdoalah

Saat seolah keadaan yang tak mungkin, saat banyak yang divonis tak ada harapan, saat dianggap tak punya kesempatan, saat semua jalan tertutup, pikiran menjadi buntu dan tak ada solusi. Berdoalah!

Allah SWT itu senantiasa mendengar, tak pernah bosan dan memenuhi, tak pernah kewalahan atas doa-doa yang kita panjatkan. Tak pantas bagi kita utk berhenti berdoa dan putus harap kepadaNYA.

يَسْـَٔلَهُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْض كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِيْ شَأْن

Apa yang di langit dan di bumi selalu meminta kepada-NYA. Setiap waktu DIA dalam kesibukan (QS arRahman: 29).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di dalam kitab _Tafsir as-Sa'di_ menuliskan bahwa Allah itu “setiap waktu dalam kesibukan,” mencukupkan orang fakir, menutupi kebutuhan orang yang sedang kekurangan, memberi kepada suatu kaum dan menahan dari kaum yang lain, mematikan dan menghidupkan, merendahkan dan mengangkat, namun tidak ada satu urusanpun yang menyibukanNYA dari urusan yang lain. Tidak akan membuat-NYA marah dengan banyaknya permintaan, tidak akan jemu dengan orang yang selalu dan terus menerus memohon kepadaNYA. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Memberi, yang pemberian-NYA meliputi seluruh penghuni bumi dan langit, dan kemurahanNYA meliputi seluruh makhluk di setiap waktu dan masa.

Agama mengajarkan bahwa segala hasil yang diraih oleh manusia itu sesuai dengan usaha dan jerih payahnya. Doa menjadi bagian penting dalam setiap usaha manusia. Berdoa berarti mengetahui bahwa Allahlah yang menentukan segala usahanya. Doa bisa diartikan sebagai satu permohonan dan pujian dalam bentuk ucapan dari hamba yang rendah kedudukannya pada Rabb Yang Maha Tinggi.

_Allah SWT sangat murka kepada orang yang tidak mau berdoa kepadaNYA_ (terj. HR Ibnu Majah).

Doa itu ibadah. Memperbanyak berdoa merupakan kebaikan. Mereka yang tak mau berdoa kepada Allah bisa dikatakan orang sombong/ takabur karena tidak menempatkan Allah sebagai penentu segalanya (lihat QS al-Mu'min [40]: 60). Tak ada masalah yang remeh, atas segala urusan apa pun, berdoalah!!! _Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar