Skip to main content

Maryam binti Imran

Maryam binti Imran adalah salah seorang wanita terbaik yang pernah hadir di bumi ini. Al Quran banyak berkisah tentang Maryam binti Imran. Nabi SAW menyebutkan Maryam binti Imran dalam golongan wanita sholehah terbaik dengan jaminan surgaNYA.

Maryam adalah keturunan keluarga Imran, salah satu keluarga terbaik yang pernah ada dalam sejarah kehidupan manusia. Penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Allah adalah pilihan nama Maryam diabadikan sebagai salah satu surat di alQur'an. Maryam disebutkan secara eksplisit dalam alQur'an sebanyak 34 kali pd 32 ayat, dan disebutkan 11 kali tanpa dikaitkan dengan putranya, Nabi Isa AS.

Maryam sejak kecil memiliki kedekatan kepada Allah SWT. Membiasakan dirinya dengan banyak beribadah. Munajat dan doa tidak pernah ia lupakan. Ketaqwaan yang dimilikinya begitu sempurna, terbiasa puasa sehari dan berbuka dua hari. Tak heran memperoleh kemuliaan berupa rezeki makanan yang langsung berasal dari sisiNYA.

Maryam merupakan sosok teladan bagi kita semua karena mampu mempertahankan kemuliaan yang sempurna sepanjang hidupnya. Allah mengangkat statusnya dan memilihnya dari banyak wanita di seluruh dunia.

_Dan (ingatlah) ketika para malaikat berkata, "Wahai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu dan menyucikanmu dan melebihkanmu di atas segala wanita di seluruh alam"_ (QS Ali Imran: 42).

Allah memberikan perlindungan dan membela Maryam dari tuduhan dan penistaan. Maryam menunjukkan pengabdian dan kesetiaannya yang tulus kepada Allah melalui kebajikan dan perilakunya yang sempurna.

Maryam ungkapkan pengabdian yang mendalam dan tulus kepadaNYA melalui tekad, pengabdian, dan penyerahan tanpa syarat kepada Kehendak-Nya. Semua harapan dan kepercayaan hanya pada Allah. Allah SWT menciptakan putra dari Maryam binti Imran, perawan suci itu tanpa lelaki. Bunda Maryam binti Imran dan sang putra menjadi tanda kekuatan dan kebesaranNYA bagi umat manusia.

Tak ada seorang pun di bumi yang bisa membayangkan bahwa bayi laki-laki yang berumur satu hari itu membela ibundanya, Maryam binti Imran di depan pengadilan rakyat. Pembelaan akan kesucian dan kebersihan atas semua fitnah keji. Allah menurunkan rahmat dan pertolonganNYA, dan mengubah semua kesulitan menjadi kebaikan dan keindahan._Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar