Skip to main content

Teman Virtual

Bila adzan berkumandang, diantara kami saat kecil tak beranjak masih asyik bermain maka kakek kami akan datang _menjewer_ telinga kami untuk sholat berjamaah. Aktifitas kanak-kanak kami saat itu adlh bermain-main di luar rumah. Kami bahagia dan senang bila berinteraksi dengan teman-taman sebaya, anak-anak tetangga rumah.

Hari ini, pertemanan anak-anak terjadi di dunia maya, _virtual friends_ (teman-teman virtual). anak-anak kita saat ini menjalani kehidupan yang telah berubah. Perkembangan teknologi dan peradaban tidak dapat diperangi, namun bisa kita organisir walaupun banyak diantara kita gagal melakukannya.

Kita berkumpul bereuni dalam satu ruangan, namun banyak diantara kita yang lebih banyak waktu dan lebih asyik dengan ponselnya. Para orang tua saat membersamai anak-anak tidak lagi fokus menemani, _iPad-ipad_ mereka tak ingin lepas dari tangan-tangan kita.

Kemanusiaan dan perasaan kita menjadi lebih dingin, tak antusias dalam kebersamaan. Media sosial telah merampas kita dari mereka. Kita menjadi lemah mengatur anak-anak dalam penggunaan _gadgets_ mereka, karena kita pun tak sanggup mengatur waktu kita sendiri.

Paksalah keluarga kita untuk hidup di dunia nyata, mencari teman-teman terpilih. teman-teman yang memiliki akhlak terpuji, wajahnya memancarkan cahaya keimanan, sikap dan perilakunya membuat kita semakin mencintai Allah dan akhirat, dan tutur katanya menyejukkan sehingga kita selalu ingin mengikuti dan meneladaninya.

teman-teman pilihan itu bisa mengingatkan ketika kita lalai, menjadi penerang ketika kita kegelapan, menjadi penghibur ketika kita dalam kesedihan, dan menjadi penuntun ketika kita di kebuntuan.

_Orang yang terpilih di antara kalian adlh orang yang mengingatkan kalian kpd Allah jika melihatnya, perkataannya menambah giat kalian untuk beramal, dan amalnya membuat kalian makin mencintai akhirat_ (HR al-Hakim dari Ibnu Umar).

Jelas kriteria orang yang wajib menjadi teman kita. Semoga bisa kita temukan juga teman-teman virtual pilihan di dunia maya. Mereka yang tak bosan _posting_ kebaikan, membuat _status_ yang mengingatkan kita beramal sholeh, menciptakan kedamaian dan memberikan nilai manfaat dengan cara2 yang baik. _Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar