Skip to main content

Tujuan Hidup

Tujuan hidup manusia yang paling utama adalah utk menyembah dan beribadah kpd Allah SWT. Ada orang-orang yang mempunyai tujuan hidup hanya utk meraih kesenangan dan kepuasan dunia.

Saat disebutkan 'orang sukses' yang hadir dalam benaknya adalah harta, tahta dan wanita. Tak pernah paham bahwa hidup itu ada akherat. Semua yang diimpikan, diperjuangkan di dunia ini akan ditinggalkan dan dipertanggungjawabkan.

Prinsip kesuksesan dalam beragama adalah mereka yang berhasil mewujudkan cita-citanya terutama dalam kebaikan dengan rasa kebahagian baik di dunia maupun di akhirat. Sukses kita itu bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting, cinta akan hal yang sedang atau ingin kita kerjakan.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-KU (QS adzDzariyat: 56)

Allah menciptakan makhluk dan menurunkan kitab suci hanyalah agar ketaatan ditujukan kpdNYA semata, adapun kesombongan dan kecongkakan akan menafikan hal tersebut.

Pelaku syirik itu orang-orang yang sombong. Jangan pernah ada rasa sombong dan congkak. Allah mengharamkan surga bagi mereka yang di dalam hatinya terdapat sebesar _dzarrah_ kesombongan. Sebagai hamba Allah, manusia wajib menjalankan segala perintah dan menjauhi segala laranganNYA.

Allah sangat peduli dengan kita, dalam kondisi apa pun. Meski dosa-dosa kita sebanyak butiran pasir di gurun sahara, bila masih ada rasa malu dan sadar akan diri sendiri, ada kebencian atas kejahatan yang kita perbuat. Yakinilah Allah tak pernah menutup pintu taubat dan surgaNYA utk kita.

Segeralah berubah, tak peduli seberapa 'brengsek' masa lalu kita. Allah sdh persiapkan jalan ketaatan bagi kita. Jangan pernah berbelok dari perjalanan menujuNYA. _Allahu a'lamu bishowab._

Ditulis oleh: Ustadz Ipmawan Muhammad Iqbal, M.Ag (Pembina Yayasan PPTQ Insan Qur'ani)

" Servant of Allah "
Agar mudah mengakses pptqinsanqurani.com di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".
Buka Komentar